Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Tekanan Angin Ideal Ban Motor Matik

Skutik Kawasaki J300.
Sumber :

100kpj – Ban merupakan salah satu perangkat vital yang ada pada sepeda motor. Apalagi posisinya yang bersentuhan langsung dengan aspal.

Untuk membuat motor jalan nyaman, dibutuhkan tekanan angin yang tepat pada ban. Jika tidak, tentu bakalan jauh dari rasa nyaman saat berkendara.

Seperti dikutip Federal, Rabu 4 September 2019, pada tiap motor punya tekanan angin yang sudah ditentukan, sesuai dengan kebutuhan. Karena jika ban kurang atau kelebihan akan berbahaya.

s

Skutik 150cc Honda.


Apabila tekanan angin ban kurang, motor dipastikan bakal oleng. Sedangkan jika kelebihan angin, berpotensi bisa meletus. Lalu berapa tekanan angin ban yang ideal? Untuk jenis motor matic, biasanya pada bagian dek atau di bawah box console tertera keterangan tekanan angin yang dianjurkan.

Seperti untuk Honda Vario 125, tekanan angin ban depan 29 psi dan belakang 33 psi, tekanan angin tersebut berlaku untuk berboncengan ataupun sendirian.

Sedangkan tekanan angin ban depan motor matik secara umum, banyak yang menyebut sekira 28 psi untuk sendiri dan 30 psi saat berboncengan.

Skutik Honda Genio.


Sementara tekanan angin ban belakang disebutkan 31 psi untuk sendirian dan 33 psi untuk berboncengan.

Supaya kualitas angin ban terjaga, sebaiknya gunakan angin Nitrogen, karena Nitrogen memiliki stabilitas lebih baik dan lebih tahan terhadap suhu yang tinggi.
Berita Terkait
hitlog-analytic