Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Keren! Motor dari Pulogadung dan Sunter Laris Manis di Luar Negeri

Pabrik Honda tengah merakit skutik Beat.
Sumber :

100kpj – Dunia Otomotif Indonesia boleh berbangga hati, sebab sepeda motor yang diproduksi di beberapa pabrik lokal banyak diminati di luar negeri. Bahkan, angkanya jauh lebih baik ketimbang tahun lalu.

Dilansir Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia atau AISI, Senin 2 September 2019, ekspor sepeda motor pada periode Januari hingga Juli 2019 mencapai 438.602 unit. Angka itu lebih tinggi 39 persen dari periode yang sama di tahun sebelumnya.

Pengiriman motor pada Juli sendiri tercatat 71.114 unit, naik 25 persen dari bulan sebelumnya yang hanya 56.606 unit. Angka itu juga lebih baik dengan presentase yang sama, jika dibandingkan dengan Juli 2018.

Semua anggota AISI memang memiliki produk untuk dipasarkan di luar negeri. Pabrik Honda di Sunter, Jakarta Utara sudah sejak lama mengekspor motor bebek dan skuter matik.



Begitu pula dengan Yamaha, yang memiliki pabrik produksi di Pulogadung, Jakarta Timur. Suzuki memanfaatkan pabrik mereka di Tambun, Bekasi untuk membuat produk yang dipasarkan secara lokal maupun ekspor.

Sementara, Kawasaki mengandalkan pabrik baru mereka di Cibitung, Bekasi. TVS diketahui memiliki pabrik di Karawang, Jawa Barat.

Sebagai informasi, total produksi sepeda motor di Indonesia per tahunnya mencapai lebih dari enam juta unit. Lebih dari lima juta unit dibuat untuk memenuhi pasar dalam negeri.
Berita Terkait
hitlog-analytic