Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Tujuan Pemerintah dari Wacana Pajak Motor Bensin Naik dan Ganjil Genap Motor

Kemenperin PCX Listrik
Sumber :

100kpj – Motor listrik masih kurang diminati masyarakat meski pemerintah sudah memberikan sejumlah keringanan. Maka salah satu cara untuk mendorong masyarakat beralih, muncul wacana pajak motor bensin naik.

Bukan hanya itu, pengguna motor bensin juga direncanakan tidak akan bisa melakukan aktivitas di jalan Ibu Kota seperti biasanya. Karena ada wacana diterapkan ganjil genap seperti halnya pengguna mobil pribadi.

Motor listrik ITS

Namun rencana-rencana tersebut masih dalam pembahasan lebih lanjut dengan instansi terkait, dan belum ada keputusan murni akan diberlakukan. Karena pemerintah sedang mencari cara lain untuk menekan emisi.

“Sala satu tuh terpikir gimana kalau kita naikkan pajak untuk memaksa orang pindah ke electric vehicle. Misal ganjil genap nanti ada area yang hanya untuk EV, ya macam wacana lah. Mungkin dari kalian juga ada pikiran lain,” ujar Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan kepada wartawan, dikutip, Sabtu 27 Januari 2024.

Selain beralih dari kendaraan bensin ke tenaga listrik, rencana lain agar menekan polusi udara memerhatikan transportasi publik. Harapannya penggunaan kendaraan pribadi berkurang saat moda transportasi umum mudah dijangkau.

“Kita perbaiki public transport, LRT kita bangun lagi. Kereta api cepat itu kita percepat lagi , bangun supaya ekosistem moda transportasi kita itu betul-betul menjadi satu kesatuan,” sambung Luhut.

Berita Terkait
hitlog-analytic