Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Jubir Luhut: Kenaikan Pajak Motor Bensin oleh Pemerintah Masih Tahap Wacana

Cara Bijak Hadapi Banjir
Sumber :

100kpj –  Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan sempat melontarkan rencan pemerintah untuk menaikkan pajak motor konvensional atau motor berbahan bakar bensin. Namun, kini hal tersebut disebutkan masih tahap wacana.

Itu disampaikan oleh juru bicara Menko Marves Jodi Mahardi. Dia menegaskan bahwa tidak ada rencana pemerintah untuk menaikkan pajak sepeda motor berbahan bakar minyak (BBM) dalam waktu dekat.

Menurutnya, apa yang disampaikan oleh Luhut merupakan salah satu wacana yang dibahas dalam rapat koordinasi lintas kementerian/lembaga terkait upaya perbaikan kualitas udara di Jabodetabek beberapa hari lalu.

Booth AHM di IMOS 2023

"Pak Menko kemarin bukan berbicara soal menaikkan pajak sepeda motor dalam waktu dekat. Itu adalah wacana dalam rangkaian upaya perbaikan kualitas udara di Jabodetabek yang juga sudah sempat dibahas dalam Rakor lintas K/L beberapa hari lalu," kata Jodi, seperti dilansir dari Antara, Minggu 21 Januari 2024.

Usulan pajak kendaraan bermotor itu sendiri muncul dalam rakor tersebut sebagai upaya memberikan faktor pendorong untuk mempersulit penggunaan kendaraan pribadi dan membuat masyarakat terdorong menggunakan angkutan umum. Usulan lain yang dibahas dalam rakor tersebut juga termasuk insentif, seperti diskon tarif bagi pengguna angkutan umum.

"Jadi itulah yang dimaksud oleh Pak Menko. Tidak ada rencana untuk menaikkan pajak terkait kendaraan bermotor dalam waktu dekat. Semua ini adalah wacana yang masih berada dalam tahap kajian mendalam, terutama untung ruginya terkait dengan manfaat dan beban yg akan ditanggung masyarakat. Pemerintah tentu akan berhati hati dalam menerapkan pajak baru dan memastikan bahwa dampaknya tidak memberatkan masyarakat," jelas Jodi.

Berita Terkait
hitlog-analytic