Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Bikin Malu Pabrikan, Mahasiswa UGM Bikin Motor Listrik Pakai Komponen Lokal Sebanyak Ini

Motor listrik buatan UGM
Sumber :

100kpj – Mahasiswa UGM (Universitas Gadjah Mada) bikin malu pabrikan, bahwa pelajar saja bisa membuat motor listrik yang memiliki komponen lokal cukup tinggi, bahkan termasuk sistem elektrifikasinya.

Sebelumnya pemerintah mentargetkan komponen lokal, atau TKDN (Tingkat Kandungan Dalam Negeri) motor listrik yang berhak menerima insentif Rp7 juta, minimal 40 persen. Saat ini sudah ada sektar 39 model.

Sedangkan kandungan lokal pada motor listrik besutan Tim Gasbadra Elins Research Club UGM itu jauh lebih tinggi. Lantas apa saja yang mereka buat sendiri pakai bahan baku dari dalam negeri?

“Motor listrik yang kami kembangkan memiliki TKDN 57,42 persen,” ujar Engineer Tim Gasbadra UGM, Dhamar Gumilang dikutip Antaranews, Jumat 5 Januari 2024.

Bukan sekadar dari bodi, sasis, atau sektor kaki-kaki agar kandungan komponen lokal motor listrik itu tinggi, namun dari sistem kelistrikan atau powertrain dipelajari, dan dikembangkan, mulai dari baterai, dinamo, dan kontrolernya.

“Pada battery pack kami sudah dilengkapi dengan battery management system dengan fitur over current, over voltage, dan short circuit protection sebagai fitur keamanan, dan safety baterai,” tuturnya.

Sementara menurut salah satu tim Gasbadra UGM, Yuta Ilham, konsep motor listrik tersebut untuk dua alam, artinya bisa di tanah, dan jalan perkotaan sehingga pakai ban depan, dan belakang tipe dual purpose.

Berita Terkait
hitlog-analytic