Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Sudah Setahun Uji Coba, Motor Listrik Yamaha E01 Jadi Dijual di Indonesia?

Motor listrik Yamaha E01
Sumber :

100kpj –  PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) masih belum juga menjual motor listrik di Tanah Air. Padahal, sudah hampir setahun pabrikan asal Jepang ini memperkenalkan Yamaha E01 sejak akhir 2022 dan melakukan uji coba di beberapa daerah.

Pada akhir pekan lalu, Yamaha baru saja meluncurkan produk barunya, yakni Xmax Tech Max. Padahal, banyak yang memprediksi bahwa motor yang bakal dirilis adalah motor listrik, mulai dari E01 hingga Neo's yang juga sudah dipamerkan.

Namun, Yamaha mengungkapkan bahwa Yamaha pada melakukan studi pada E01 di beberapa kota besar. Di mana, Medan menjadi kota terakhir dan diperkirakan bakal rampung pada awal tahun 2024.

Yamaha E01

Assistant General Manager Marketing and Public Relation PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) Antonius Widiantoro mengatakan, masih belum ada kepastian kapan motor listrik tersebut akan diproduksi massal untuk pasar Indonesia.

"Masih jalan, target kami kan satu tahun minimal, dari 4 area responsnya cukup positif, mereka puas dengan performa, charging system, kemudian handling. Kami gunakan ini sebagai bahan evaluasi di internal pengembangan EV," ujar Anton di Sentul Bogor, Sabtu 9 Desember 2023.

Di sisi lain, sistem pengecasan juga menjadi hal yang paling disoroti oleh Yamaha. Mayoritas yang sudah mencoba E01 dan juga studi dari pabrikan berlambang garpu tala itu, masyarakat ingin sistem pengecasan langsung ketimbang swap baterai.

Berita Terkait
hitlog-analytic