Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Konversi Listrik Digencarkan, Motor Masih Menjadi Pengguna BBM Paling Besar

Konversi motor listrik
Sumber :

100kpj – Konversi motor listrik menjadi salah satu cara pemerintah untuk menekan emisi gas buang yang dihasilkan dari mesin pembakaran. Mengingat populasi motor di Indonesia lebih banyak dibandingkan mobil.

Berdasarkan data AISI (Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia) penjualan motor setiap tahunnya di atas 5 juta unit. Tidak heran jika sepeda motor menjadi pengguna bahan bakar terbesar dari industri transportasi. 

Komponen konversi motor listrik

Subkoordinator Insentif dan Disinsentif Konversi Energi Kementerian ESDM (Energi dan Sumber Daya Mineral), Andi Luxibinator mengatakan, pemerintah berfokus mengurangi penggunaan motor konvensional karena menjadi pengguna BBM terbesar.

Lebih lanjut dia menjelaskan, populasi motor saat ini lebih dari 120 juta unit, dan akan terus bertumbuh sekitar 5-6 persen setiap tahunnya. Tidak heran jika konsumsi bahan bakar terus melonjak.

“Konsumsi BBM di Indonesia mengalami peningkatan hingga 30 persen dalam 10 tahun terakhir, yang didominasi penggunaan sektor industri, dan transportasi,” ujarnya dikutip Antaranews, Kamis 7 Desember 2023.

Menurutnya negara berkomitmen untuk mencapai netralitas karbon pada 2060, namun sampai saat ini penggunaan BBM masih tinggi, terutama sepeda motor yang populasinya terus bertumbuh. Maka konversi menjadi jalan alternatif 

Berita Terkait
hitlog-analytic