Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Menjelang Akhir 2023 Sebanyak Ini Jumlah Motor yang Kecelakaan

Ilustrasi kecelakaan motor akibat benang layangan

100kpj - Sepeda motor menjadi alat transportasi paling digandrumi di Indonesia, penjualan motor baru setiap tahun bisa mencapai 5 jutaan unit. Hanya dalam waktu satu bulan saja lebih dari setengah juta unit terjual.

Mengingat populasinya lebih banyak dari pada mobil, tidak heran jika jumlah kecelakaan di RI didominasi motor. Melalui keterangan resmi yang dibagikan Asean NCAP dijelaskan data kecelakaan secara global, termasuk di Indonesia.

Melalui laporan WHO: Global Status Report on Road Safety, dikutip, Selasa 5 Desember 2023, disebutkan bahwa setiap tahun di seluruh dunia lebih dari 1,25 juta korban meninggal akibat kecelakaan lalu lintas, dan 50 juta orang luka berat.

Sementara di Indonesia, kecelakaan lalu lintas merupakan penyebab kematian ketiga terbesar setelah HIV/AIDS dan TBC. Bahkan sejak 2020 sampai 2023 terjadi peningkatan angka kecelakaan lalu lintas yang cukup signifikan.

Berdasarkan data Korlantas Polri, selama 2022 terjadi sekitar 137.851 kasus kecelakaan lalu lintas, meningkat dibandingkan tahun sebelumnya yang mencatatkan 103.645 kasus, dan pada 2020 sebanyak 100.028 kasus.

Adapun pada 2023, kecelakaan lalu lintas telah mencapai 155.000 kasus dan diperkirakan masih akan meningkat. Yang menjadi sorotan, dari angka tersebut, lebih dari 70 persen melibatkan kendaraan bermotor roda dua.

"Situasi kian mengkhawatirkan mengingat Indonesia menduduki peringkat ketiga negara dengan pengguna sepeda motor terbanyak di dunia, dengan persentase mencapai 85 persen," tulis keterangannya.

Berita Terkait
hitlog-analytic