Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Siap-siap Harga Motor Listrik Honda EM1 Lebih Murah Setelah Subsidi Rp7 Juta

Motor listrik Honda EM1 e:
Sumber :

100kpj - Honda EM1 e: dalam waktu dekat mendapatkan subsidi Rp7 juta dari pemerintah, hal yang wajar jika insentif itu diyakini dinikmati konsumen untuk setiap pembelian motor listrik Jepang pertama di Indonesia tersebut.

Mengingat PT Astra Honda Motor merupakan produsen motor terbesar, dan penguasa pasar secara nasional. Tentu hal mudah untuk mereka mencapai tingkat kandungan dalam negeri, atau TKDN 40 persen agar motor listriknya menerima subsidi dari pemerintah. 

Dugaan Honda EM1 akan menerima subsidi dari pemerintah dipertegas oleh Ketua Asosiasi Sepeda Motor Listrik Indonesia (Aismoli) Budi Setyadi.

"Mungkin lagi proses, kemarin saya tanya lagi proses. Pasti dapat subsidi, dia kan perusahaan besar pasti dapat itu dia," ujar Budi kepada wartawan di ajang Inabuyer EV Expo, dikutip, Kamis 30 November 2023.

Pemesanan Honda EM1 e: sudah dibuka sejak diperkenalkan di ajang otomotif tersebut pada 10 Agustus. Namun sampai saat ini harga resmi dari motor listrik pertama Honda itu belum diumumkan ke publik. Konsumen yang sudah melakukan pemesanan hanya diberikan gambaran harga di angka Rp40 jutaan.

Banderolnya baru akan dirilis setelah pengajuan AHM kepada pemerintah terkait TKDN (Tingkat Kandungan Dalam Negeri) motor listrik rakitan lokal itu disetujui. Maka tidak heran jika sampai saat ini Honda EM1 belum masuk ke dalam daftar penerima subsidi Rp7 juta.

Sampai saat ini namanya belum ada di website Sistem Informasi Bantuan Pembelian Kendaraan Bermotor Listrik Roda Dua, atau SISAPIRa. Soal penerimaan subsidi, Executive Vice President AHM, Thomas Wijaya sempat menyampaikan di bulan depan.

Berita Terkait
hitlog-analytic