Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Jelang Akhir Tahun, Sisa Kuota Motor Listrik Subsidi Masih Banyak Banget

Motor listrik di IMOS 2023
Sumber :

100kpj –  Menjelang akhir tahun atau berakhirnya 2023, realisasi program subsidi penjualan sepeda motor listrik benar-benar masih jauh sekali dari target. Padahal, pemerintah Indonesia sendiri sudah memperluas cakupan penerima subsidi, dan mempermudah persyaratan untuk bisa mendapatkan motor bersubsidi.

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) sebenarnya telah melonggarkan syarat penerima subsidi penjualan motor listrik Rp7 juta per unit. Lewat Peraturan Menteri (Permen) Perindustrian No. 21 Tahun 2023, subsidi motor listrik bisa dinikmati oleh seluruh masyarakat hanya dengan bermodal NIK KTP.

Motor listrik di IMOS 2023

Dalam hal ini, satu NIK KTP dapat membeli maksimal satu unit motor listrik bersubsidi. Dengan adanya subsidi Rp7 juta, harga-harga motor listrik pun menjadi murah, hingga ada yang dibanderol di bawah Rp10 juta.

Sayangnya, hal tersebut berbanding terbalik dengan minat masyarakat di Tanah Air untuk memboyong motor ramah lingkungan tersebut. Mengutip data dari situs Sistem Informasi Bantuan Pembelian kendaraan Bermotor Listrik Roda Dua (SISAPIRa) pada Kamis 9 November 2023 pukul 11.00, tercatat baru terdapat 4.148 motor listrik subsidi yang disalurkan.

Motor listrik Kymco di PEVS 2023

Sementara itu 5.804 masih dalam proses pendaftaran dan 1.226 lainnya masih dalam proses verifikasi. Maka itu, masih terdapat 189.004 kuota motor listrik subsidi yang masih tersedia, padahal target pemerintah hingga akhir tahun adalah terjual 200 ribu unit.

Berita Terkait
hitlog-analytic