Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Motor Listrik Honda EM1 Dapat Subsidi Rp7 Juta di Desember?

Motor listrik Honda EM1 e:
Sumber :

100kpj - Honda EM1 e: menjadi motor listrik buatan brand Jepang pertama yang dipasarkan di Indonesia. PT Astra Honda Motor (AHM) merilis motor pelahap seterum itu pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show, atau GIIAS 2023.

Keran pemesanan Honda EM1 e: sudah dibuka sejak diperkenalkan di ajang otomotif tersebut pada 10 Agustus. Namun sampai saat ini harga resmi dari motor listrik pertama Honda itu belum diumumkan secara resmi.

Motor listrik Honda EM1 e:

Konsumen yang sudah melakukan pemesanan hanya diberikan gambaran harga di angka Rp40 jutaan. Banderolnya baru akan dirilis setelah pengajuan AHM kepada pemerintah terkait TKDN (Tingkat Kandungan Dalam Negeri) motor listrik rakitan lokal itu disetujui.

Maka tidak heran jika sampai saat ini Honda EM1 belum masuk ke dalam daftar penerima subsidi Rp7 juta. Sampai saat ini namanya belum ada di website Sistem Informasi Bantuan Pembelian Kendaraan Bermotor Listrik Roda Dua, atau SISAPIRa.

"Saat ini kami sedang mengajukan proses untuk mendapatkan sertifikasi dari minimal batas TKDN dari pemerintah. Mudah-mudahan persetujuannya bisa kami dapat sebelum kami kirim ke konsumen nanti di akhir tahun," ujar Executive Vice President PT AHM, Thomas Wijaya di Malang, Jawa Timur, Minggu 29 Oktober 2023.

Subsidi motor listrik diberikan sejak Maret 2023, namun karena diawal banyak syarat yang harus dipenuhi masyarakat, sehingga penyerapannya kurang maksimal, maka memasuki Agustus kebijakan mendapatkan insentif tersebut diubah.

Berita Terkait
hitlog-analytic