Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Produksi Motor Listrik di Indonesia Tidak Sesuai Penjualannya

Pabrik motor listrik Alva di Cikarang
Sumber :

100kpj –  Memasuki era ramah lingkungan, banyak brand pendatang baru khususnya di industri sepeda motor bertenaga listrik. Meski begitu, hingga kini penerimaan motor listrik berbasis baterai belum maksimal.

Hal itu terlihat dari kapasitas produksi motor listrik di Indonesia. Berdasarkan data Kementerian Perindustrian, saat ini ada 48 brand motor listrik yang terdaftar dengan kapasitas produksi per tahun mencapai 1,43 juta unit.

Sementara menurut Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, berdasarkan data registrasi Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) sampai September 2023 motor listrik yang sudah terdaftar jumlahnya baru 66.978 ribu unit.

Motor listrik di IMOS 2023

Artinya masih jauh dari angka kapasitas produksi yang bisa dimaksimalkan per tahun. Tidak heran jika sampai saat ini pemerintah terus menggenjot, atau merangsang percepatan kendaraan listrik di dalam negeri.

"Dalam rangka pengembangannya, Kementerian Perindustrian terus melakukan akselerasi pembentukan ekosistem electric vehicle (EV) melalui evaluasi, dan berbagai terobosan," ujar Menperin di ICE BSD, Tangerang, dikutip, Jumat 27 Oktober 2023.

Salah satu cara untuk mempercepat pertumbuhan motor listrik di Indonesia, pemerintah memberikan subsidi Rp7 juta bagi masyarakat yang ingin melakukan pembelian dalam kondisi baru, atau mengkonversi motor berbahan bakar di bengkel-bengkel tertentu.

Berita Terkait
hitlog-analytic