Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Aturan Ganjil Genap Sepeda Motor di Jakarta Dinilai Tak Efektif

Ganjil Genap Jakarta
Sumber :

100kpj – Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo mengungkapkan bahwa pihaknya mengusulkan adanya aturan ganjil genap untuk sepeda motor di DKI Jakarta. Namun, Anggota DPRD DKI Jakarta William A. Sarana, menilai itu bukan hal yang efektif.

Salah satu solusi mengatasai kemacetan, aturan ganjil-genap diterapkan di Jakarta. Tapi pembatasan kendaraan pribadi dari angka belakang pelat nomor tersebut hanya untuk mobil, namun ada usulan di sepeda motor.

Bukan sekadar mengatasi kemacetan, namun wacana ganjil-genap sepeda motor sebagai salah satu upaya untuk menekan polusi udara di Ibu Kota. Kapolri mengatakan khusus di DKI Jakarta 67 persen polusi udara itu disebabkan oleh emisi kendaraan bermotor.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo

Di mana, 26,8 persen disumbang dari industri manufaktur, serta sisa pembakaran sampah. Maka itu diusulkan adanya aturan ganjil genap untuk motor juga, namun William A.Sarana menilai itu tak efektif tekan polusi udara di Jakarta.

"Wacana penerapan kebijakan ganjil genap untuk kendaraan roda dua atau sepeda motor tersebut tidak akan efektif dan bukan kebijakan yang tepat," kata William dikutip dari Antara, Selasa 10 Oktober 2023.

Sebenarnya, wacana ganjil genap untuk sepeda motor pernah diusulkan di era kepemimpinan Gubernur Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Saat itu, sistem tersebut sebagai pengganti pelarangan motor melintasi Jalan Jenderal Sudirman tapi tak kunjung terelasasikan.

Berita Terkait
hitlog-analytic