Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Daftar Harga Motor Listrik Subsidi Rp7 Juta, Honda EM1 e: Belum Ada Nih

Motor listrik Honda EM1 e:
Sumber :

100kpj – Honda EM1 e: yang resmi diperkenalkan Agustus 2023 digadang-gadang akan mendapatkan subsidi, atau insentif dari pemerintah. Mengingat motor listrik tersebut dirakit lokal oleh PT Astra Honda Motor (AHM).

Harga Honda EM1 dikisaran Rp40-45 juta, dengan rincian motornya Rp30-35 juta, ditambah baterai MPP e: Rp10-12 juta. Sampai saat ini produsen berlambang sayap mengepak itu belum umumkan harga resminya.

"Harganya bisa saja turun, karena pengajuannya kita motor itu dapat insentif dari pemerintah karena dirakit lokal dengan syarat komponen lokalnya sekitar 41 persen," ujar General Manager Corporate Communication AHM, Ahmad Muhibbudin.

Pemerintah memberikan subsidi motor listrik sebesar Rp7 juta yang berlaku sejak Maret 2023, dan syarat mendapatkan keringanan tersebut diubah pada Agustus, hanya pakai KTP untuk pembelian satu unit motor listrik. 

Kuota subsidi motor listrik disediakan 200 ribu unit sampai akhir tahun, namun dari Sistem Informasi Bantuan Pembelian Kendaraan Bermotor Listrik Roda Dua, atau SISPIRa, baru 836 orang yang beli pakai subsidi tersebut.

Total sisa kuotanya masih 196.232 unit, dan per Sabtu 23 September 2023 masyarakat yang sudah melakukan proses pendaftaran sudah 2.439 unit, dan terverifikasi hanya 493 unit.

Tercatat ada 33 model motor listrik yang mendapatkan insentif tersebut, dan Honda EM1 e: tidak ada. Berkaca dari banderolnya, motor listrik buatan brand Jepang itu menjadi yang termahal, atau setara motor listrik United TX3000 dilego Rp42,900 juta setelah mendapatkan subsidi.

Berita Terkait
hitlog-analytic