Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Honda Mulai Bergerak Jual Motor Listrik di Indonesia, Jadi Ancaman untuk Alva?

Pabrik motor listrik Alva di Cikarang
Sumber :

100kpj – PT Astra Honda Motor (AHM) menjadi pabrikan motor asal Jepang pertama yang menjual motor listrik di Indonesia. Apakah kehadirkan motor listrik dari Honda menjadi ancaman bagi, produsen motor listrik seperti Alva?

Motor listrik Alva lewat PT. Ilectra Motor Group (IMG) telah hadirkan dua model di Tanah Air, yakni Alva One yang dibanderol dengan harga Rp36.490.000, lalu ada Alva Cervo yang dijual diharga Rp37.750.000.

Harga tersebut berdasarkan yang tertera di situs resmi Alva dan statusnya On The Road Jabodetabek. Akan tetapi, Alva sendiri sudah berhak dapat subsidi Rp7 juta dari pemerintah karena memenuhi persyaratan diproduksi dalam negeri dan mengusung TKDN minimal 40%.

Pabrik motor listrik Alva di Cikarang

Nah, Alva sebagai motor listrik premium dengan harga cukup tinggi akan mendapat saingan dari Honda. Market leader di pasar otomotif Tanah Air itu sudah merilis motor listrik Honda EM1 e: yang berkisar Rp40 juta - Rp45 juta.

Honda EM1 e: disebut sudah memenuhi syarat penerima bantuan pembelian motor listrik tapi belum masuk dalam Sistem Informasi Bantuan Pembelian Kendaraan Bermotor Listrik Roda Dua (Sisapira). Jika dapat subsidi, maka harganya kisaran Rp33 juta - Rp38 juta.

Menanggapi hal itu, Alva tak melihat pabrikan asal Jepang itu sebagai ancaman. Seperti yang disampaikan oleh Presiden Direktur PT IGM Purbaya Pantja.

Berita Terkait
hitlog-analytic