Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Korlantas Polri Pastikan BPKB Elektronik Meluncur Tahun Depan

BPKB

100kpj – Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri memastikan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) elektronik bakal meluncur tahun depan. Ini sebagai inovasi pihak Polri berbasis teknologi guna mempermudah masyarakat, sekaligus menyimpan data kendaraan dengan baik.

BPKB adalah dokumen wajib yang dimiliki pemilik kendaraan. Nantinya, dokumen penting tersebut saat ini sudah dibekali ekosistem teknologi yang isinya chip, arsip digital dan aplikasi, mirip paspor elektronik (e-paspor) yang dilengkapi cip yang umumnya berbentuk buku seperti paspor konvensional.

Kehadiran teknologi itu berfungsi menyimpan data kendaraan hingga memudahkan akses. Sekaligus merupakan bagian dari upaya untuk memberikan pelayanan cepat dan mudah kepada masyarakat.

Seperti yang disampaikan oleh Direktur Registrasi dan Identifikasi Korlantas Polri, Brigjen Pol Yusri Yunus. Pihaknya ingin memanfaatkan kemajuan teknologi.

“Kami ingin memanfaatkan kemajuan teknologi dan informasi di era 4.0 untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik dalam hal administrasi kendaraan bermotor,” ujarnya, dikutip dari laman NTMC Polri, Rabu 13 September 2023.

Namun, penggunaan BPKB Elektronik juga membawa tantangan teknis, seperti keamanan data dan integrasi sistem yang sempurna. Dalam rapat Anev Pelayanan BPKB Korlantas Polri tahun 2023, diungkapkan bahwa inovasi ini masih dalam tahap pengembangan.

Tujuannya adalah agar sistem BPKB Elektronik lebih sederhana dan mudah terintegrasi dengan basis data Korlantas Polri. Dengan kemajuan yang berkelanjutan dalam inovasi ini, diharapkan bahwa BPKB Elektronik akan menjadi standar dalam administrasi kendaraan bermotor di masa depan.

Berita Terkait
hitlog-analytic