Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Setelah Vario dan BeAT, Motor Pertama Honda yang Pakai Rangka eSAF Ditemukan Patah

Honda Genio rangka eSAF
Sumber :

100kpj – PT Astra Honda Motor (AHM) sedang diterpa isu rangka eSAF (enhance Smart Architecture Frame). Sasis, atau frame yang terbuat dari pelat baja itu viral di jagat maya karena kerusakan yang dialami penggunanya.

Rangka eSAF yang digunakan pada lineup motor matik terbaru mereka itu beberapa kali terlihat dalam bentuk foto, atau video dengan keadaan berkarat, atau keropos pada bagian bawah foot step, bahkan sampai patah.

Motor matik Honda yang pertama kali menggunakan rangka eSAF adalah Genio yang dirilis pada 2019, kemudian sasis tersebut dikembangkan untuk model lain seperti All New BeAT, Scoopy, sampai Vario 160.

Sebelumnya kondisi rangka berkarat, keropos, hingga patah yang beredar di media sosial didominasi BeAT, dan Vario. Kali ini, masalah itu ditemukan pada Genio sebagai motor pertama mereka yang pakai rangka eSAF.

Melalui video singkat yang diunggah Facebook Corp Luckerz, dan Instagram @motorngebut.id, dikutip Rabu 13 September 2023, terlihat satu unit Genio berwarna hitam dengan posisi standar dua terlihat tidak wajar.

Diduga karena sasis depan melengkung, namun tidak diketahui sudah dalam keadaan patah atau tidak, karena posisi setang sudah cukup dekat dengan jok, dan suspensi depan terlihat maju ke depan seperti motor chopper.

Berita Terkait
hitlog-analytic