Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Beda dengan Polisi, Dinas Lingkungan Hidup DKI Klaim Tilang Uji Emisi Sangat Efektif

Ilustrasi tilang pengendara motor oleh Polisi
Sumber :

100kpj – Berbeda dengan pihak Kepolisian, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI malah mengklaim jika tilang uji emisi kendaraan berjalan efektif. Di mana, tilang tersebut bisa mengubah perilaku pemilik kendaraan.

Sebelumnya, Kepala Satuan Tugas Pengendalian Polusi Udara, Komisaris Besar Polisi Nurcholis, menyebut tilang uji emisi bakal disetop. Sebagai gantinya, kendaraan yang tak lolos akan disarankan untuk servis ke bengkel.

"Ternyata penilangan tidak efektif, maka setelah ada Satgas yang tidak lulus uji dihimbau untuk diservis, dan kita berusaha komunikasi dengan dealer untuk membantu servis," katanya kepada wartawan, Senin 11 September 2023.

Baca Juga: Tilang Uji Emisi Tak Efektif, Kini Kendaraan yang Tak Lolos Diminta Servis

Namun pendapat berbeda disampaikan oleh Humas (DLH) DKI Jakarta, Yogi Ikhwan. Dia menyebut tilang berjalan efektif, dan itu dapat mendorong masyarakat merawat secara rutin kendaraan pribadinya. Perawatan tersebut juga berguna untuk memenuhi standar yang berlaku.

Uji Emisi

"September baru sampai dengan tanggal 11 lho. Jadi razia tilang uji emisi ini sangat efektif sebagai social engineering tool mengubah perilaku masyarakat untuk melakukan uji emisi dan merawat kendaraan miliknya agar asap knalpotnya memenuhi baku mutu," kata Yogi, dikutip dari VIVA, Selasa, 12 September 2023.

Berita Terkait
hitlog-analytic