Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Isu Rangka eSAF Motor Honda, Pakar ITB Sebut Perlu Riset Material Logam

Rangka esaf pada motor Honda
Sumber :

100kpj - Rangka eSAF (enhanced Smart Architecture Frame) buatan PT Astra Honda Motor (AHM) yang digunakan pada motor matik barunya dikeluhkan konsumen karena diduga berkarat, keropos, hingga patah.

Rangka eSAF diproduksi di pabrik AHM yang berlokasi di Cikarang, Jawa Barat. Pertama kali rangka tersebut digunakan pada skutik Honda Genio yang lahir di 2019, diikuti All New BeAT, Scoopy, dan Vario 160.

Honda Scoopy dan Vario jadi yang terlaris di IMOS 2022

Hingga kini isu rangka motor matik dengan bahan dasar plat baja itu masih dalam tahap investigasi, belom ada hasil yang diumumkan ke publik.

Menurut Pakar otomotif dari Institut Teknologi Bandung (ITB) Yannes Martinus Pasaribu, terkait kendala rangka eSAF perushaan perlu hipotesis, atau riset laboratorium metalurgi dari pihak pemerintah, dan perusahaan terkait.

"Hal itu guna memastikan kualitas pengerjaan dan material logam yang digunakan disamping desain engineering frame eSAF,” ujar Yannes dikutip Antaranews, Rabu 6 September 2023.

Lebih lanjut dia menjelaskan, kalau memang bersangkutan dengan keamanan, stakeholder terkait atau pemerintah segera informasikan kepada publik. Karena sudah banyak kabar yang beredar di media sosial, sehingga konsumen perlu kepastian.

Berita Terkait
hitlog-analytic