Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Honda Stop Produksi HR-V Demi Fokus Produksi Motor, Kok Bisa?

Logo Honda

100kpj – Pabrik mobil Honda HR-V yang berada di Argentina akan diubah menjadi pabrik yang fokus untuk produksi sepeda motor. Keputusan ini diambil Honda Motor Co sebagai strategi menghadapi penjualan mobil dan motor mereka di negeri Evita Peron tersebut.

Di Argentina memang berbeda dengan di Indonesia. Tentu sudah menjadi rahasia umum jika Honda punya bendera berbeda untuk produk motor dan mobilnya di Indonesia. Untuk motor di bawah bendera PT Astra Honda Motor (AHM), mobil di bawah payung PT Honda Prospect Motor (HPM).

Dilansir AutomotiveNews, pabrik yang terletak di Campana, Buenos Aires tersebut selama ini memang menjadi basis produksi mobil subcompact Honda, HR-V. Selain untuk keperluan domestik juga untuk beberapa negara di Amerika Latin.



Mulai 31 Mei 2020, pabrik itu akan berfokus pada produksi sepeda motor. Rencananya, pabrik tersebut akan menjadi basis produksi motor Honda untuk beberapa model diantaranya Honda Wave, CG150 dan XR150L.

Dalam pernyataan resminya, prinsipal Honda mengatakan, keputusan ini diambil sebagai bagian dari reorganisasi secara global terkait untuk produksi kendaraan ringan. Tidak berhubungan dengan pemilihan umum yang akan digelar di Argentina dalam waktu dekat ini.

Sebagai catatan tambahan, sepeda motor Honda sendiri mulai masuk ke wilayah Argentina pada 2006 silam dan mulai memproduksi sendiri pada 2011. Sebanyak 1.000 karyawan bekerja di pabrik tersebut dan kabarnya kini tengah digelar negosiasi terkait nasib para buruhnya tersebut.


Berita Terkait
hitlog-analytic