Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Pemerintah Bakal Tinjau Produksi Rangka eSAF Motor Honda

Proses perakitan Honda Genio di Cikarang
Sumber :

100kpj – Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), akhirnya turun tangan terkait permasalahan rangka eSAF pada motor Honda yang belakangan mencuat karena dituding mudah karatan dan patah. Kemenhub dan KNKT pun akan menyambangi pabrik PT Astra Honda Motor (AHM).

Seperti diketahui, Kemenhub memanggil AHM pada Senin 28 Agustus 2023 dan juga dihadiri oleh tim KNKT. Pertemuan tersebut menghasilkan keputusan bahwa ketiga akan membuat tim investigasi terkait permasalahan rangka ini, dan tim tersebut akan mulai bekerja per hari ini.

"Jadi yang pertama untuk jadi catatan dan disampaikan ke masyarakat luas, pemerintah memberikan perhatian yang sangat tinggi dan serius, yaitu melalui pembentukan tim untuk melakukan penelitian bersama," ujar Senior Investigator KNKT Achmad Wildan, saat ditemui di Jakarta, Senin 28 Agustus 2023.

Rangka eSAF motor Honda

"Timnya itu terdiri dari Kemenhub, KNKT, dan AHM yang akan dimulai hari ini. Ini yang pertama, kami ingin mencari lebih komprehensif terkait hal ini secara teknis dan apa yang harus dilakukan ke depan. Jadi harus secara struktur dan sciencetifik," sambungnya.

Tim investigasi nantinnya akan melakukan studi ke daerah-daerah, serta informasi yang beredar di media sosial. Selain itu, tim juga akan menandatangani pabrik motor Honda guna melihat rangka tersebut dibuat, hingga bisa ditemukan solusi dan menjadi evaluasi untuk perbaikan ke depannya.

"Ada beberapa hal yang harus saya lakukan. Pertama, membentuk investigasi plan untuk menggali keluhan-keluhan tersebut. Selain itu saya harus melihat bagaimana rangka yang tidak patahnya untuk mengambil sampling," kata Wildan.

Berita Terkait
hitlog-analytic