Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Mengejutkan Harga Honda BeAT Bekas Setelah Viral Rangka eSAF Berkarat

Logo Honda BeAT
Sumber :

100kpj – Ada empat motor matik Honda keluaran terbaru yang menggunakan rangka eSAF (enhanced Smart Architecture Frame) dimulai dari Honda Genio yang lahir pada 2019, kemudian diikuti BeAT, Scoopy, dan Vario 160.

Keempat motor tersebut viral di jagat maya karena ada beberapa videonya yang memperlihatkan kondisi rangka eSAF berkarat, keropos, bahkan patah. Hingga akhirnya pihak PT Astra Honda Motor (AHM) klarifikasi.

Ban Motor Honda BeAT.

Namun klarifikasinya dinilai bukan menjadi solusi, namun hanya pembelaan diri. Produsen motor berlambang sayap mengepak itu menyoroti masalah lain, yaitu bercak kuning pada rangka bukan karat melainkan silikat.

General Manager Corporate Communication PT AHM, Ahmad Muhibbuddin mengatakan, ada beberapa konsumen mengeluhkan bercak kuning pada motor matik baru Honda, namun itu hanya lapisan silikat.

“Bercak kuning itu bukan karat, tapi lapisan silicate yang tidak berbahaya dan tak menyebabkan keropos. Lapisan silicate ini punya melapisi bagian las pada rangka untuk hindari oksidasi atau karat. Ini normal dan tidak berbahaya," ujar Muhib saapaan akrabnya.

Ujung kasus tersebut, akhirnya Kementerian Perhubungan melalui Jenderal Perhubungan Darat, bersama Komite Nasional Keselamatan Transportasi dalam waktu dekat akan mengunjungi pabrik AHM untuk investigasi.

Berita Terkait
hitlog-analytic