Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Kemenhub dan KNKT Bakal Sidak Pabrik AHM Untuk Investigasi Rangka eSAF Motor Honda

Rangka esaf pada motor Honda
Sumber :

100kpj – Rangka eSAF (enhanced Smart Architecture Frame) buatan PT Astra Honda Motor (AHM) yang digunakan pada motor matik barunya dikeluhkan konsumen karena diduga berkarat, keropos, hingga patah.

Buntut dari kasus tersebut ternyata menarik perhatian sejumlah instansi negara, hingga hari ini Kementerian Perhubungan bersama Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) bertemu dengan AHM.

Proses perakitan Honda Genio di Cikarang

Hasil dari pertemuan tersebut, Senior Investigator KNKT, Ahmad Wildan mengatakan, ada beberapa hal yang perlu dilakukan untuk mengetahui lebih dalam keluhan konsumen, salah satunya melalui investigasi.

“Pertama membentuk investigasi plan untuk menggali keluhan-keluhan tersebut. Selain itu saya harus melihat bagaiman rangka yang tidak patahnya untuk mengambil sampling,” ujar Wildan kepada wartawan di kantor Kemenhub, dikutip Senin 28 Agustus 2023.

Dalam proses tersebut, KNKT bersama Kemenhub akan sidak pabrik AHM yang berlokasi di Cikarang, Jawa Barat. Tujuannya untuk melihat proses pembuatan rangka motor matik yang berasal dari plat baja terebut.

“Kita akan melakukan kunjungan ke pabrik terkait bagaimana rangka itu dibuat, dan segala macam. Sehingga kita punya gambaran ada masalah apa? Ini akan dibuat sebagai improvement untuk mencegah hal serupa tidak terjadi lagi,” tuturnya.

Berita Terkait
hitlog-analytic