Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Giliran Kemenhub yang Panggil AHM Terkait Gaduh Rangka eSAF Motor Honda

Honda Genio
Sumber :

100kpj – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bakal memanggil Astra Honda Motor (AHM) buntut kegaduhan soal rangka eSAF belakangan ini. Di mana, konsumen mencurigai bahwa rangka pada skutik Honda itu mudah karatan hingga patah.

Hal itu diutarakan oleh Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Hendro Sugiatno. Pihaknya, akan meminta penjelasan dari AHM selaku produsen motor Honda di Indonesia pada hari ini, Senin 28 Agustus 2023.

“Rencana hari Senin kami undang untuk meminta penjelasan terkait isu rangka keropos,” ujarnya, dikutip dari VIVA.

Rangka eSAF motor Honda

eSAF sendiri merupakan singkatan dari Enhanced Smart Architecture Frame (eSAF), yakni teknologi rangka terbaru Honda yang disematkan pertama kali pada Honda Genio pada 2019. Lalu digunakan juga pada motor matik lainnya, seperti Vario 160, Honda Beat dan Scoopy.

Strukturnya dikembangkan untuk meningkatkan stabilitas handling, sehingga sepeda motor mudah dikendarai, ringan, dan nyaman saat bermanuver. Sayangnya, belakangan viral para pengguna motor yang pakai rangka eSAF mulai karatan hingga patah.

Sebelumnya, Kementerian Perdangan (Kemendag) lewat Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan (Ditjen PKTN) telah meminta klarifikasi. Sebab, perlindungan konsumen jadi prioritas pihaknya.

Berita Terkait
hitlog-analytic