Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Daftar Motor Matik Honda yang Tidak Pakai Rangka eSAF, Harga Mulai Rp22 Juta

Wahana Green Touring bersama Honda ADV 160
Sumber :

100kpj – PT Astra Honda Motor (AHM) sebagai produsen motor Honda di Tanah Air, merancang sasis eSAF (enhanced Smart Architecture Frame) untuk beberapa motor matik terlarisnya, sejak beberapa tahun lalu.

Rangka eSAF diproduksi di pabrik AHM yang berlokasi di MM2100 Cikarang, Jawa Barat. Pertama kali rangka yang diklaim secara bobot lebih ringan itu digunakan pada motor matik Honda Genio yang lahir di 2019.

Rangka esaf pada motor Honda

Bukan sekadar bobotnya yang lebih ringan, namun bisa membuat motor lebih lincah, dan nyaman dikendarai, diaplikasikan dengan proses press serta laser welding. Strukturnya dikembangkan untuk meningkatkan stabilitas.

Sehingga handling motor lebih baik, mudah dikendarai, ringan, dan nyaman saat bermanuver, selain itu rangka dengan bahan dasar plat baja itu dianggap memberikan ruang bagasi, dan tangki yang lebih besar.

Setelah Genio, rangka eSAF mulai dikembangkan untuk model lain, seperti Vario 160, Scoopy, dan BeAT sebagai motor terlaris di Indonesia. 

Namun motor-motor matik Honda yang mengandalkan rangka eSAF sedang mejadi sorotan, lantaran sasis tersebut ditemukan berkarat, keropos, hingga patah di beberapa motor yang viral di media sosial.

Berita Terkait
hitlog-analytic