Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Digoyang Isu Rangka eSAF Karatan, Bagaimana Nasib Penjualan Motor Honda?

Honda Scoopy dan Vario jadi yang terlaris di IMOS 2022

100kpj – Honda kini tengah digoyang isu rangka eSAF pada beberapa motor matik keluarannya yang dituding mengalami karatan hingga keropos dan patah. Lalu, apakah masalah yang viral ini mengganggu penjualan Honda di Indonesia?

eSAF sendiri merupakan singkatan dari Enhanced Smart Architecture Frame (eSAF), yakni teknologi rangka terbaru Honda yang disematkan pertama kali pada Honda Genio pada 2019. Lalu digunakan juga pada motor matik lainnya, seperti Vario 160, Honda Beat dan Scoopy.

Strukturnya dikembangkan untuk meningkatkan stabilitas handling, sehingga sepeda motor mudah dikendarai, ringan, dan nyaman saat bermanuver. Sayangnya, belakangan viral para pengguna motor yang pakai rangka eSAF mulai karatan.

Rangka esaf pada motor Honda

Salah satu yang viral rangka patah dan keropos adalah Honda Vario 160, dan BeAT baru lansiran 2020. PT Astra Honda Motor (AHM) selaku produsen motor Honda di Tanah Air mengaku isu rangka karatan ini belum berdampak pada penjualan.

"Yang pasti kalau terhadap penjualan, sejauh ini belum berpengaruh, karena demand (permintaan) masih oke. Dan (isu) ini challenge (tantangan) buat kami agar kami bisa memberikan layanan yang terbaik kepada konsumen. Ini challenge untuk bisa lebih sigap merespons dan menangani setiap keluhan yang disampaikan, kita komitmen untuk ke sana," ujar General Manager Corporate Communication AHM Ahmad Muhibbuddin di Cikarang, Bekasi, Rabu 23 Agustus 2023.

Lebih lanjut, Muhib mengatakan pihaknya sedang melakukan investigasi dalam kasus ini. AHM juga sudah proaktif melakukan komunikasi dengan para konsumen dan mengatakan bahwa bercak kuning di rangka motor bukan karat.

Berita Terkait
hitlog-analytic