Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Motor dan Mobil Tak Lulus Uji Emisi Ditilang Mulai Besok, Denda hingga Rp500 Ribu

Uji Emisi
Sumber :

100kpj – Kendaraan baik motor dan mobil yang tak lolos uji emisi akan dikenakan tilang per Sabtu 26 Agustus 2023. Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi M. Latif Usman.

"Untuk sepeda motor Rp250 ribu. Roda empat Rp500 ribu tilangnya. Denda maksimal. Tanggal 26 besok itu sudah mulai dilakukan," ujar dia kepada wartawan.

Pihaknya saat ini sedang mencari tempat untuk pemeriksaan tilang uji emisi. Hal itu supaya tidak menyebabkan kepadatan lalu lintas.

"Kita menghentikan di jalan pasti macetnya minta ampun. Kita pasti mencari tempat-tempat, area yang bisa untuk melakukan pemeriksaan itu," kata dia.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman

Tilang uji emisi ini sendiri disebut sebagai tindak lanjut kebijakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam mengatasi polusi udara di Jakarta. Tahap-tahap tilang uji emisi ini bakal dimulai dari sosialisasi, teguran, hingga denda tilang.

"Kami akan ikut serta andil di mana polusi di Jabodetabek ini bisa menurun. Salah satunya adalah dengan transportasi yang sesuai dengan ketentuan, khususnya yaitu mengenai emisi gas buang," tambahnya.

Berita Terkait
hitlog-analytic