Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Penjelasan Resmi AHM Soal Viral Bercak Kuning seperti Karat di Rangka eSAF Motor Honda

Ahmad Muhibbuddin, General Manager Corporate Communication AHM
Sumber :

100kpj – PT Astra Honda Motor (AHM) akhirnya memberikan klarifikasi secara resmi terkait viralnya rangka eSAF yang disebut mudah karatan, keropos hingga patah. AHM selaku produsen motor Honda di Indonesia menegaskan jika kualitas motor baru Honda yang dijual konsumen sudah melewati berbagai uji, hingga dipastikan aman dan nyaman bagi pengendara.

Belakangan rangka eSAF pada motor matik Honda menjadi sorotan dan viral karena banyaknya keluhan dalam bentuk video di sosial media, yang perlihatkan rangka motornya ada bercak kuning seperti karat, dan beberapa ada yang keropos.

Salah satu yang viral rangka patah dan keropos adalah Honda Vario 160, dan BeAT baru lansiran 2020. Di mana pada bagian lekukkan sasis bawah tepatnya di bawah foot step ada korosi, alias karat, hingga keropos. Ahmad Muhibbuddin selaku General Manager Corporate Communication PT Astra Honda Motor (AHM), menyebutkan bila bercak kuning di rangka eSAF bukanlah karat, melainkan lapisan silicate yang melindungi rangka dari karatan.

"Ada temuan bercak kuning pada motor baru honda. Ada beberapa konsumen mengeluhkan bercak kuning. Bercak kuning itu bukan karat, tapi lapisan silicate yang tidak berbahaya dan tak menyebabkan keropos. Lapisan silicate ini punya melapisi bagian las pada rangka untuk hindari oksidasi atau karat. Ini normal dan tidak berbahaya," ujar Muhib di Cikarang, Rabu 23 Agustus 2023.

"Pemilik motor baru Honda tidak perlu takut, karena itu bukan karat. Dan tak berpengaruh pada keamanan dan kenyamanan pada sepeda motor baru yang dikirim ke konsumen," lanjutnya.

Lapisan silicate pada rangka eSAF Honda Motor

Lebih lanjut, Muhib menyatakan jika ada keluhan, konsumen bisa menghubungi bengkel resmi Honda dan hub call center. Dia juga memastikan bahwa semua motor baru Honda yang dikirim ke konsumen sudah melewati berbagai uji kualitas.

Berita Terkait
hitlog-analytic