Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Mengenal Rangka eSAF pada Motor Honda yang Viral Akibat Keropos dan Mudah Patah

Proses perakitan Honda Genio di Cikarang
Sumber :

100kpj – Beberapa motor matik keluaran Honda saat ini menggunakan rangka baru yang disebut dengan eSAF. Belakangan, rangka eSAF ini jadi perbincangan di dunia maya karena dinilai gampang keropos, karatan dan mudah patah.

eSAF sendiri merupakan singkatan dari Enhanced Smart Architecture Frame (eSAF), yakni teknologi rangka terbaru Honda yang disematkan pertama kali pada Honda Genio pada 2019. Lalu digunakan juga pada motor matik lainnya.

Strukturnya dikembangkan untuk meningkatkan stabilitas handling, sehingga sepeda motor mudah dikendarai, ringan, dan nyaman saat bermanuver. Rangka eSAF ini bahkan mampu memberi pemanfaatan ruang yang semakin efisien terbukti dengan kapasitas luas bagasi dan tangki bensin.

Contohnya pada SHonda Genio yang dilengkapi dengan kotak bagasi 14 liter dan tangki bahan bakar 4,2 liter. Rangka eSAF juga diklaim hadir dengan bobot yang lebih ringan dibandingkan dengan model rangka sebelumnya.

Rangka esaf pada motor Honda

“Proses produksi rangka baru eSAF pada Honda Genio didesain secara khusus, untuk menghasilkan kualitas terbaik dengan bobot yang jauh lebih ringan, agar dapat memberikan kemudahan bermanuver di jalan,” ujarnya General Manager Plant AHM Cikarang, Dodi Sutriadi di Cikarang, Jawa Barat, Selasa 10 September 2019.

Hal itu memiliki dampak positif pada performa keseluruhan sepeda motor, termasuk efisiensi konsumsi bahan bakar. “Rangka yang dipakai Genio lebih ringan delapan persen,” ujar Genio Styling Designer Honda Motorcycle Operations Monozukuri Center, Kaori Kaneko.

Berita Terkait
hitlog-analytic