Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Benarkah Kunci Setang ke Kanan Bisa Cegah Pencurian Motor? Ini Kata Pelaku Curanmor

Tempat Parkir Motor
Sumber :

100kpj –  Berbagai modus pencurian motor banyak dilakukan oleh para curanmor (pencurian kendaraan bermotor), salah satunya membobol dengan kunci T. Mengunci setang motor ke kanan atau ke arah berlawanan disebut-sebut membuat motor lebih aman dari pencurian, benarkah begitu?

Kapolsek Tambora Kompol Putra Pratama membagikan potongan video wawancara dengan salah seorang tahanan di Mapolsek Tambora. Tahanan ini merupakan seorang residivis curanmor, dan sudah menjalankan aksinya sejak usia 17 tahun.

Dalam video tersebut, pelaku curanmor ditanyai berbagai hal soal pencurian motor. Kompol Putra pun menanyakan, apakah motor dikunci setang ke kiri dan ke kanan ada perbedaaan soal aspek keamanannya?

Masalah kunci motor

"Kalau bedanya kunci setang ke kiri dan ke kanan itu sebenarnya sama saja kita ngambilnya, sama-sama enak. Cuma agak susah, nyangkut sedikit doang kalau setang kanan itu," ujar pelaku dalam video yang diunggah akun Instagram Humas Polsek Tambora, dikutip 100KPJ pada Kamis 3 Agustus 2023.

Pelaku pun memberikan pesan kepada para pemilik motor tersebut untuk menambah keamanan ganda. Selain itu, para pemilik motor juga untuk memarkir di tempat yang aman.

"Pesannya biar aman gitu? Ya pasang kunci ganda gitu kan, sama pasang remote (remote pengaman dengan alarm)," ucapnya.

Berita Terkait
hitlog-analytic