Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Bisa Dibobol di Bawah 5 Detik, Polisi Ungkap Sistem Keamanan Motor Tidak Berguna

Kunci motor.
Sumber :

100kpj – Berbagai sepeda motor terbaru telah dilengkapi sistem keamanan, seperti penutup pada bagian kunci. Namun, Polisi menyebut hal itu tidak terlalu berguna karena pencuri motor masih bisa dengan mudah mengatasinya.

Bahkan, Polisi menyebut para pencuri hanya butuh waktu di bawah 5 detik saja untuk membobol motor tersebut. Para pelaku curanmor menggunakan magnet yang dijual bebas di pasaran untuk menjalankan aksinya.

Hal tersebut diungkap oleh Kapolsek Tambora Komisaris Putra Pratama usai menyaksikan sejumlah aksi pelaku yang terekam kamera. Maka itu, dinilai penutup lobang kunci motor tidak terlalu bagus untuk memberikan kemananan.

"Dari beberapa Rekaman CCTV kejadian Curanmor yang banyak diunggap di media sosial dan terjadi hampir di seluruh daerah di Indonesia. Dari rekaman tersebut terlihat bahwa begitu mudahnya para pelaku mencuri sepeda motor hanya dalam hitungan detik," kata Putra dikutip dari keterangan resminya, Rabu 2 Agustus 2023.

"Saat ini, waktu yang dibutuhkan para penjahat ini untuk mencuri sepeda motor malah semakin cepat dibawah 5 detik. Fitur keamanan motor dengan tutup lobang kunci menjadi tidak berguna karena sangat mudah dibuka dengan bantuan alat biasa berupa magnet yang dijual bebas," lanjutnya.

Kapolsek Tambora Komisaris Putra Pratama

Maka itu, Putra menegaskan pencegahan kejahatan curanmor jenis sepeda motor harus dilakukan dari hulu sampai hilirnya. Kejahatan terjadi tidak hanya karena ada niat dari pelaku tapi karena ada kesempatan dan situasi kondisi lingkungan yang mendukung.

Berita Terkait
hitlog-analytic