Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Ini Penyebab Motor Listrik Yamaha E01 Masih Belum Juga Dijual di Indonesia

Motor listrik Yamaha E01
Sumber :

100kpj –  Motor listrik Yamaha E01 masih belum jelas nasibnya, kapan akan dijual secara resmi di Indonesia. PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), menegaskan bahwa pihaknya masih melakukan tahap uji pada motornya tersebut, dan belum mau terburu-buru untuk menjualnya.

Motor bergaya futuristik ini sudah ada 20 unit di Indonesia, dan melakukan tes market di berbagai kota, seperti Jakarta, Bandung, Medan dan Bali. Yamaha menargetkan, motor ini dapat dites oleh 4.000 pengguna.

President Director dan CEO PT. YIMM, Dyonisius Beti, menegaskan Yamaha E01 masih dalam tahap Proof of Concept (PoC) dan telah menjalani serangkain uji coba di beberapa negara, termasuk Indonesia. Ini dilakukan demi banyak masukan untuk motor listrik mereka, dan tentunya disesuaikan dengan karakterisitik negara tersebut.

"Tentu Yamaha mempertimbangkan banyak hal. Saat ini kami masih studi dan uji coba sebelum benar-benar menjualnya," jelas Dyon di sela acara penanaman 5.000 pohon mangrove di Jakarta Utara, Rabu 26 Juli 2023.

Test ride Yamaha E01

"Pengujian skutik E01 saat ini dilakukan di enam negara berbeda. Hal ini dilakukan agar dapat mengetahui berbagai masukan, mengingat setiap wilayah pengujian memiliki karakteristik berbeda-beda, baik dari segi kondisi cuaca, dan jalan juga kebiasaan pengendaranya," tambahnya.

Lebih lanjut, Dyonisius mengatakan Yamaha tidak saja sekadar menjual motor listrik saja, tetapi pihaknya juga memiliki tanggang jawab lain. Di antaranya mulai dari kecocokan produk untuk konsumennya, insfrastruktur pendukung (charging station), sampai ke tanggung jawab terhadap dampak lingkungan dari limbah baterai motor listrik. 

Berita Terkait
hitlog-analytic