Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Beberapa Masalah di Mesin Motor yang Bisa Dilihat dari Knalpot

Masalah yang timbul dari knalpot motor

100kpj – Knalpot menjadi komponen akhir dari rangkaian mesin kendaraan bermotor. Fungsinya membuang gas dari sisa pembakaran, menyaring suara, dan mendukung performa dari kendaraan itu sendiri.

Bahkan knalpot bisa menjadi tanda dari kerusakan mesin, semisal saat keluar asap, atau suara yang dihasilkan berbeda. Hal itu kerap dialami pengguna motor empat tak, baik matik, bebek, atau sport.

Sub Department Head Technical Service PT Daya Adicipta Motora (DAM), Ade Rohman menjelaskan, perawatan yang baik pada knalpot dapat memperpanjang umur pakai knalpot dan meningkatkan performanya.

“Faktor kebersihan semua semua bagian motor sangat penting untuk menjaganya tetap dalam kondisi prima, dan disarankan untuk tidak melakukan modifikasi terhadap knalpot model standar dari pabrikan, agar dapat berkendara dengan aman, lancar, dan tanpa kendala,” ujar Ade dikutip dari keterangannya, Rabu 12 Juli 2023.  

1. Knalpot Nembak

Masalah yang paling umum terjadi jika knalpot nembak adalah karena kondisi busi yang kotor. Namun, knalpot nembak dengan suara ledakan keras juga dapat terjadi karena beberapa faktor. 

Seperti adanya kebocoran pada bagian knalpot, atau bisa juga karena pasokan udara atau bahan bakar yang tidak seimbang, sehingga terjadi pembakaran yang tidak sempurna.

Berita Terkait
hitlog-analytic