Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Motor Bebek, Riwayatmu Kini

Motor bebek Honda.
Sumber :

100kpj – Perlahan namun pasti, sepeda motor jenis bebek mulai ditinggalkan. Selain karena tampilannya yang dianggap tertinggal, tunggangan yang sempat populer di awal 2000-an itu juga tak banyak lagi diproduksi pabrikan.

PT Astra Honda Motor atau AHM, yang pernah dicitrakan sebagai pelopor bebek Indonesia dengan produk andalannya Supra X, kini justru tak lagi bersemangat meluncurkan motor jenis tersebut. Direktur Pemasaran PT AHM, Thomas Wijaya menyebut, kondisi pasar Indonesia saat ini tak memungkinkan menerima kehadiran bebek baru.

“Di negara lain—Vietnam misalnya, motor bebek masih digemari. Tapi itu mereka, bukan kita (Indonesia), ada perbedaan pasar terutama mengenai minat konsumen,” ujarnya kepada 100KPJ, beberapa waktu lalu.

Selain Honda, pabrikan Jepang lain juga tampak urung meluncurkan motor bebek di waktu dekat. Hal itu menjadi pantas, sebab berdasarkan data yang dihimpun dari berbagai sumber, penjualan bebek selama satu tahun terakhir, hanya menyentuh angka lima persenan.

Pengamat otomotif sekaligus dosen Institut Teknologi Bandung, Yannes Martinus Pasaribu mengatakan, era kejayaan motor bebek di Indonesia sudah habis. Bahkan, hanya menunggu waktu sampai benar-benar tamat.

“Banyak yang bergeser dari bebek ke matik, karena pengguna semakin mencari kemudahan dan kepraktisan dalam mobilitas di tengah jalan perkotaan yang ramai dan padat,” terangnya.

Berita Terkait
hitlog-analytic