Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Pemprov DKI Siapkan Dana Rp130 Miliar Demi Tambah Teknologi AI di 40 Titik Jalan

Kemacetan Lalu Lintas di Jakarta akibat Sepeda Motor
Sumber :

100kpj –  Guna mengurangi kemacetan yang terjadi di jalanan Ibu Kota, Pemprov DKI Jakarta telah mempersiapkan teknologi Artificial Intelligence (AI) di 40 titik persimpangan jalan. Guna mewujudkan rencana tersebut, dana yang dianggarkan sebesar Rp130 miliar.

"Tahun lalu anggarannya Rp 78 miliar. Tahun ini sekitar Rp 130 miliar," ujar Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo kepada wartawan, dikutip Rabu 5 Juli 2023.

Penambahan 40 titik sistem AI ini rencananya selesai hingga akhir tahun ini. Tujuan penambahan teknologi AI ini agar terjadi efisiensi dari sisi jumlah antrian di simpang-simpang yang nantinya akan diatur.

Dia menargetkan, pada tahun 2023, tingkat kemacetan akan berkurang sebesar 48% di Ibu Kota. Walaupun, kata dia, pemasangan AI di 20 persimpangan itu baru berjalan sebentar, sudah dapat dirasakan efeknya.

"Memang target kami sebelumnya itu kan 54%. Target kami tahun ini kami bisa menurunkan ke 48% untuk kepadatan lalu lintas di Jakarta. Tapi dengan hasil 20 simpang, di mana terpantau bahwa penurunan tingkat kepadatan itu di angka hampir 20%, kami optimis itu bisa dicapai," kata Syafrin.

Cara kerja sistem AI menjalankan fungsi adaptive forces, di mana sistem tersebut melihat simpang yang lebih padat. Lalu, lampu hijau pada lalu lintas di arus padat itu bakal dibuat dengan durasi yang lebih lama. Alhasil, pengaturan lampu lintas akan berjalan otomatis, tidak perlu lagi diatur dari jauh.

"Kalau selama ini kan pengaturannya manual atau dari control room kita. Nah sekarang langsung di tempat. Misalnya sisi utara-selatan, yang paginya di selatannya padat, maka otomatis sistem akan menghitung memberikan waktu paling panjang di kaki sisi selatan karena titiknya menuju ke arah sana,” ujarnya.

Berita Terkait
hitlog-analytic