Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Sudah Ada 24 Bengkel, Berapa Banyak Motor Listrik Hasil Konversi?

Konversi motor listrik
Sumber :

100kpj - Konversi motor listrik menjadi salah satu cara pemerintah untuk menekan emisi gas buang yang dihasilkan dari mesin pembakaran. Mengingat populasi motor di Indonesia lebih banyak dibandingkan mobil.

"Kenapa butuh konversi, karena indoneisa nomor 3 terbesar 120 juta unit yang ada di Indonesia setelah China dan India," ujar Kepala Balai Survei dan Pengujian Ketenagalistrikan dan EBTKE Kementerian ESDM, Senda Hurmuzan Kanam di Jakarta, Rabu 7 Juni 2023.

Konversi motor listrik

Lebih lanjut dia menjelaskan, sekian juta barel bahan bakar minyak (BBM) dikonsumsi sepeda motor setiap tahun, sehingga negara harus impor bahan baku BBM untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

"Target 2025 ada 5 juta motor listrik baru, 6 juta sepeda motor konversi, dari total 150 juta sepeda motor yang terjual di tahun itu. Sampai 2030 ada 13 juta motor listrik yang beroperasi di Indonesia," tuturnya.

Untuk tahap awal, pemerintah akan menggandeng lebih banyak usaha kecil menengah demi menggenjot TKDN (Tingkat Komponen Dalam Negeri) yang digunakan dalam mengubah motor konvensional menjadi listrik berbasis baterai.

"Konversi ini TKDN bisa tinggi, target 40 persen menggerakan industri lokal baik di komponen utama, atau UMKM yang melakukan konversi. Beda dengan motor bahan bakar yang didominasi perusahaan besar," sambungnya.

Berita Terkait
hitlog-analytic