Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Konversi Motor Listrik Jangan Asal Pilih Bengkel

Moeldoko Datangi Pabrik Gesits
Sumber :

100kpj – Pemerintah memberikan keringanan untuk motor listrik, berupa insentif Rp7 juta yang berlaku mulai 20 Maret 2023. Ada 8 merek, dan 13 model yang memenuhi syarat mendapatkan insentif.

Motor listrik yang mendapatkan keringanan tersebut memiliki kandungan lokal di atas 40 persen, dan untuk tahap awal berdasarkan Peraturan Menperin Nomor 6 Tahub 2023, paling banyak 200 ribu unit.

Ketua Umum Periklindo, Moeldoko

Insentif tersebut bukan hanya berlaku untuk pembelian baru, namun juga untuk konversi. Artinya motor konvensional yang diubah menjadi listrik murni di bengkel tertentu menikmati keringanan tersebut.

Tercatat ada 21 bengkel yang sudah tersertifikasi dari pemerintah, namun insentif tersebut dibatasi sampai 22.800 unit motor per tahun, atau kapasitas per bulan kapasitas 1.900 unit.

Bengkel-bengkel tersebut tersebar di sejumlah daerah, untuk wilayah Jakarta dan Tangerang ada Elders Garage, Juara Bike atau Selis, PT Nagara Sains Konversi, PT Handhika Garda Parama, PT Spora EV, PT Strum Technology Asia

Selain itu ada perguruan tinggi Politeknik Negeri Jakarta, PT Eelectric Vehicle Trimotorindo, PT Ekoelektrik Konversi Mandiri. Lalu untuk Bogor ada Litbang ESDM, PT Tri Menteri Niaga/BRT, CV Karya Kartanagari Group.

Berita Terkait
hitlog-analytic