Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Menekan Kecelakaan, Korlantas Polri dan Kemenhub Himbau Mudik Jangan Pakai Motor

Macet saat PPKM Darurat
Sumber :

100kpj – Mudik sudah menjadi tradisi warga Indonesia menyambut Hari Raya Idul Fitri. Mereka yang merantau ke daerah lain ingin pulang ke kampung halaman saat masa Lebaran dengan menggunakan pelbagai alat transportasi.

Salah satunya sepeda motor, meski banyak pilihan transportasi umum seperti bus, atau kereta, motor masih menjadi pilihan sebagian pemudik. Padahal resikonya cukup besar.

Mudik naik motor.

Terlebih pengguna motor itu menempuh perjalanan jauh. Tingkat keselamatan, atau keamanan juga kerap diabaikan dengan mengangkut beban, atau bawa penumpang melebihi kapasitas sepeda motor.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, sebelumnya mengatakan, agar masyarakat tidak menggunakan sepeda motor untuk mudik terutama jika menempuh perjalanan jarak jauh, karena potensi kecelakaannya sangat tinggi.

Kemenhub memprediksi bahwa jumlah pemudik tahun ini melonjak tajam dari 85 juta orang di 2022, menjadi 123,8 juta pemudik di tahun ini. Sebagian besar masih menggunakan kendaraan pribadi.

Tahun ini diprediksi 25,13 juta orang mudik naik otor, sedangkan yang menggunakan mobil pribadi mencapai 27,32 juta orang. Artinya lebih banyak dibandingkan penggguna transportasi umum.

Berita Terkait
hitlog-analytic