Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

3 Masalah yang Kerap Menghantui Speedometer Digital pada Motor

speedometer All New Honda CB150R
Sumber :

100kpj – Motor-motor produksi terkini sudah memakai speedometer digital agar nampak lebih modern. Akan tetapi, ada beberapa masalah yang kerap menghampiri komponen motor digital ini seiring waktu berjalan.

Agar tidak timbul masalah, layar speedometer digital pada motor umumnya harus dirawat dengan baik. Jika salah merawat, layar bisa rusak dan salah satu cara memperbaikinya adalah dengan mengganti lapisan film pada layar.

Untuk mengganti lapisan tersebut tentunya akan mengeluarkan biaya yang terkadang cukup mahal. Sekarang secara umum panel speedometer digital sudah menggunakan LED sebagai penerangan dan LCD sebagai displaynya.

Namun ada tiga masalah yang kerap terjadi pada sepeda motor yang sudah menggunakan speedometer digital. Berikut adalah masalahnya, seperti dilansir dari Wahana Honda, Selasa 4 april 2023.

Berembun

Timbulnya embun adalah masalah yang sering muncul dan datang dari celah antara mika penutup, atau terdapat retakan sehingga panas dari mesin membuat air masuk ke dalam unit panel. Lama-kelamaan air tersebut menguap dan tertahan di dalam.

Pemilik motor diimbau untuk selalu mengecek bagian mika apakah terdapat retakan atau tidak. Jika terdapat retakan disarankan untuk segera mengganti mika agar tidak timbul embun di kemudian hari.

Berita Terkait
hitlog-analytic