Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Cuma 13 Motor Listrik yang Dapat Insentif, Begini Kata Asosiasi Sepeda Motor Listrik

Motor listrik besutan Bakrie Group
Sumber :

100kpj – Untuk mencapai netralitas karbon di Indonesia pada 2060, pemerintah bersama produsen terus berkolaborasi untuk percepatan kendaraan listrik. Ada pelbagai cara dilakukan agar beralih dari mesin pembakaran.

Cukup banyak merek kendaraan listrik yang beredar di pasar Indonesia, terlebih motor. Ada puluhan merek motor listrik yang menancapkan kuku bisnisnya di Tanah Air, namun sayang tidak semuanya dibuat lokal.

Viar N1 dan Viar N2

Motor-motor pelahap seterum yang beredar di Indonesia sebagian besar pendatang baru, diantaranya ALVA, Davigo, Energica, ION Mobility, NIU, Polytron, Treeletrik, U-Winfly, Volta, ECGO, BG Goodrich, Sunrace, Bravo, Goda, I Moto, Gesits, Volta, dan Selis, Viar.

Model yang ditawarkan sebagian besar jenis skuter, atau matik, tapi tidak semua motor listrik itu mendapatkan insentif dari pemerintah. Seperti diketahui, pemerintah sudah memberikan keringanan mulai 20 Maret 2023.

Hanya ada belasan motor listrik yang mendapatkan insentif dari pemerintah, semuanya sudah didaftarkan langsung kepada Kementerian Perindustrian, dan memenuhi syarat karena memiliki kandungan lokal di atas 40 persen.

“Sepeda motor listrik, ada 8 merek dengan 13 model yang telah memenuhi sertifikat TKDN di atas 40 persen,” ujar Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika Kemenperin Taufik Bawazier.

Berita Terkait
hitlog-analytic