Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Banyak Produsen Motor Listrik Akan Naikkan TKDN 40 Persen Usai Ada Insentif

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita
Sumber :

100kpj – Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, mengungkapkan banyak produsen motor listrik yang siap meningkatkkan komponen dalam negeri (TKDN) minimal jadi 40 persen.

Ini setelah pemerintah umumkan insentif motor listrik sebesar Rp7 juta. Seperti diketahui, TKDN 40 persen menjadi salah satu syarat agar sepeda motor listrik yang diproduksi oleh produsen mendapatkan insentif yang dimulai 20 Maret nanti. Agus menyatakan produsen siap memenuhi syarat itu.

"Ada beberapa pabrikan yang sudah menyampaikan kepada kami dengan adanya bantuan pemerintah pada pembelian ini dia akan segera menaikkan TKDN-nya ke 40 persen minimum," kata Agus, dikutip dari Antara, Rabu 8 Maret 2023.

Sejauh ini baru ada tiga produsen motor listrik yang bisa memenuhi TKDN 40 persen itu, yakni Selis, Volta dan Gesits. Namun, Agus menyebut akan segera bertambah produsen-produsen itu.

Motor listrik Gesits Raya

"Saya enggak bisa kasih tahu (jumlahnya), itu bukan tipe saya sebagai menteri yang kasih info, tapi semuanya on going process," ujar politikus Partai Golkar tersebut.

Sebelumnya, Agus Gumiwang mengatakan, pada tahun 2023 ini Kemenperin mengusulkan 200 ribu motor hingga Desember 2023 untuk dapat isentif. Untuk mobil sejumlah 35.900 unit hingga Desember 2023.

Berita Terkait
hitlog-analytic