Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Daftar Harga Motor Listrik Setelah Dapat Insentif, Paling Murah Cuma Rp3 Jutaan

Motor listrik Volta Mandala
Sumber :

100kpj - Harga motor listrik akan menjadi lebih terjangkau dalam beberapa hari ke depan, berkat insentif yang diberikan pemerintah. Namun tidak semua merek motor listrik yang beredar di Indonesia mendapatkan keringanan tersebut.

Saat ini ada lebih dari 30 merek motor listrik yang sudah terdaftar di Kementerian Perindustrian, sebagian besar masih berstatus impor, baik dari China, atau negara lain. Sedangkan versi produksi lokal hanya ada beberapa merek.

Jokowi sedang naik motor Gesits.

Motor-motor pelahap seterum yang beredar di pasar Tanah Air, diantaranya Davigo, Energica, ION Mobility, NIU, Polytron, Treeletrik, U-Winfly, Volta, ECGO, BG Goodrich, Sunrace, Bravo, Goda, I Moto, Gesits, Volta, dan Selis. Model yang ditawarkan sebagian besar jenis scooter, atau matik.

Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan, insentif motor listrik mulai berlaku 20 Maret 2023, dan untuk pembelian baru untuk tahap pertama 200 ribu unit, dan 50 ribu unitnya hasil konversi dari mesin konvensional ke tenaga listrik.

"Jadi produsen akan mendaftarkan jenis kendaraan yang telah penuhi nilai TKDN 40 persen, yang disyaratkan dalam sistem. Motor ada 3 Volta, Gesits dan Selis yang di atas 40 persen," ujar Menperin.

Adanya insentif tersebut membuat harga ketiga brand motor listrik itu menjadi lebih terjangkau, terutama jika semua model yang ditawarkan memiliki kandungan lokal sesuai kriteria pemerintah.

Berita Terkait
hitlog-analytic