Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Jangan Kaget Lihat Sasis Yamaha Grand Filano Besar Sebelah, Ini Penjelasannya

Sasis atau rangka dari Yamaha Grand Filano
Sumber :

100kpj – PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) mengadakan acara bedah teknologi Yamaha Grand Filano, Senin 13 Februari 2023. Yang menarik, skutik tersebut dicopot bodinya hingga menyisakan sasis dan mesin saja.

Ternyata, usai motor "ditelanjangi" terlihat jika batang sasis pada Grand Filano Hybrid Connected ini ternyata ukurannya tidak sama atau besar sebelah. Di bagian sebelah kanan lebih besar, ketimbang yang kiri.

Sasis atau rangka dari Yamaha Grand Filano

Saat diukur menggunakan alat ukur oleh mekanik Yamaha, ternyata diameter sasis pada bagian kanan atau di atas knalpot terukur 53,2 mm. Sedangkan pada sebelah kiri, atau di atas CVT ternyata ukurannya 47,5mm.

Ada alasan tersendiri dari para insinyur Yamaha membuatnya beda ukuran. Ferry Nurul Fajar, Team Coordinator Service Education Yamaha, mengungkapkan bahwa hal tersebut sudah diperhitungkan asesuai dengan kebutuhan motor.

"Namanya desain frame kan pasti menompang engine, kemudian untuk variasi juga. Dan faktor-faktor itu sudah diperhitungkan. Secara posisi kan itu full tank menyerong ke kiri," ujar Ferry Nurul pada wartawan di Jakarta.

Sasis atau rangka dari Yamaha Grand Filano
Berita Terkait
hitlog-analytic