Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Bamsoet soal Efek Subsidi Kendaraan Listrik dari Pemerintah

Wuling Air ev di KTT G20 Bali
Sumber :

100kpj – Ketua Umum IMI (Ikatan Motor Indonesia) Bambang Soesatyo mengomentari rencana subsidi kendaraan listrik. Mneurutnya, pemerintah harus segera mengumumkan instef tersebut agar meningkatkan penjualan.

"Semakin cepat pemerintah mengeluarkan pengumuman subsidi itu, maka akan makin banyak masyarakat yang membeli dan juga akan berkurang subsidi untuk bensin atau minyak yang sekarang naik lagi," kata Bambang Soesatyo, Kamis 2 Februari 2023.

Pria yang akrab disapa Bamsoet ini menilai subsidi akan membuat harga dari mobil atau motor listrik menjadi lebih murah. Itu cukup untuk mendorong daya beli di masyarakat akan kendaraan ramah lingkungan.

"Pasti naik, lebih terjangkau lagi dari kantong masyarakat. Kalau kaya Wuling sekarang 200 jutaan, jadi 150 jutaan, itu bisa mendorong masyarakat untuk membeli," ujar Ketua MPR ini.

Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo

Bamsoet juga menilai pemberian insentif kendaraan listrik ini bisa mempercepat Indonesia untuk mencapai target nol emisi karbon. Sebab, masyarakat cepat bermigrasi dari kendaraan bermesin konvensional ke kendaraan listrik.

Sebelumnya, pemerintah sudah memastikan untuk memberikan subsidi sebesar Rp7 juta untuk motor listrik dan konversi motor listrik. Sementara subsidi untuk mobil listrik, subsidinya mungkin akan dilakukan melalui pengurangan pajak kendaraannya.

Berita Terkait
hitlog-analytic