Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Syarat-syarat Agar Konversi Motor Listrik Dapat Juga Subsidi Rp7 Juta

vespa konvensional diubah jadi vespa listrik
Sumber :

100kpj – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memastikan motor listrik dan konversi motor listrik dari motor konvensional akan dapat subsidi Rp7 juta dari pemerintah. Lalu, apa saja syarat agar konversi motor listri bisa dapat insentif?

Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM, Dadan Kusdiana, mengungkapkan motor tak boleh lebih dari 10 tahun usianya. Lalu motor akan dicek ulang kembali, serta ganti STNK.

"Pertama motornya harus paling tua kira-kira 7 tahun, 7 sampai 10 tahun, jadi jangan terlalu tua juga. Nanti proses di belakangnya itu nggak lulus, karena ini harus diperiksa lagi seakan-akan motor baru. Nanti habis sertifikasi di balai di Kemenhub, harus diganti STNK lagi, dicek, semua akan dicek ulang," ujar Dadan Kusdiana.

Kementerian ESDM juga akan membuat ketentuan terkait batasan baterai dan motor penggerak, dari kendaraan yang akan dikonversi. Hal itu akan dijadikan sebagai syarat selanjutnya, dari motor konversi yang akan mendapat subsidi Rp 7 juta tersebut.

"Syarat berikutnya, kami akan batasi juga motor penggerak dan baterainya, di mana batas atas motor penggerak antara 3 kW dan 5 kW. Sehingga motor-motor kecil yang seperti sepeda itu tidak akan kami konversi," ujarnya.

Dengan demikian, motor hasil konversi itu nantinya akan setara dengan motor berbahan bakar fosil, dengan kapasitas mesin antara 100-125 cc. Selain itu, ketentuan lainnya yakni bahwa motor tersebut nantinya hanya bisa menggunakan baterai litium dengan kapasitas 1,2-1,5 kWh.

Berita Terkait
hitlog-analytic