Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Pakai Mesin yang Sama, tapi Tenaga Yamaha Grand Filano Kalah dari Fazzio

Yamaha Grand Filano
Sumber :

100kpj – Yamaha Grand Filano telah resmi diluncurkan di Indonesia pada Selasa 17 Januari 2023. Skutik ala-ala Eropa ini akan menjadi tandem Yamaha Fazzio dalam keluarga Classy Yamaha yang dijual di Tanah Air.

Sebenarnya, Grand Filano memiliki mesin yang sama dengan Yamaha Fazzio. Di mana, sama-sama menggunakan mesin Blue Core 125cc dengan teknologi Hybrid.

Namun di atas kertas, spesifikasi soal output tenaga dan torsi dari kedua motor tersebut berbeda, Grand Filano sedikit lebih kecil. Yamaha dalam keterangannya, bila Grand Filano memiliki output tenaga 6,1 kW atau setara 8,1 TK di 6.500 rpm dan torsi 10,4 Nm di 5.000 rpm.

Yamaha Fazzio seri Neo

Sedangkan Yamaha Fazzio, dengan mesin yang sama menghasilkan 6,2 kW atau setara 8,3 TK di 6.500 rpm dan torsi 10,6 Nm di 4.500 rpm. Lalu apa yang membuat tenaga Grand Filano lebih kecil dari Fazzio?

"Basicnya sama, sehingga harusnya sama persis dengan Fazzio. Cuma ini (Grand Filano) beratnya berbeda 5kg, lebih tinggi. Sehingga performa, otomatis powernya berbeda," ujar President Director & CEO PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) Dyonisius Beti.

"Tetapi torsinya lebih bagus, jadi saat kita starting, akan lebih responsif," lanjutnya.

Berita Terkait
hitlog-analytic