Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Alasan ABS Belum Jadi Fitur Keselamatan Wajib di Sepeda Motor

Pengereman sepeda motor ABS.
Sumber :

100kpj – Keselamatan merupakan hal terpenting yang harus dipertimbangkan seseorang sebelum mulai mengendarai sepeda motor. Beragam fitur ditawarkan, salah satunya Anti-lock Brake System atau sering disebut ABS.

Secara sederhana, ABS ialah fitur keselamatan yang membuat rem tidak terkunci saat melakukan pengereman mendadak. Fitur itu sangat berguna, misalnya, saat melintas di jalanan basah maupun berpasir.

Kendati perannya sangat penting, namun tidak semua jenis sepeda motor dibekali fitur pengereman mutakhir tersebut. Direktur Pemasaran PT Astra Honda Motor atau AHM, Thomas Wijaya menyebut, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum memasang ABS di kendaraan.

“Pertama harus dilihat dulu, fitur dan teknologi itu cocok digunakan di mesin seperti apa. Apakah di bawah 150cc atau 250cc? Kami harus pertimbangkan soal itu,” ujarnya saat ditemui pewarta beberapa waktu lalu.

Thomas mengaku, melengkapi sepeda motor dengan fitur ABS juga terbilang mahal. Itulah mengapa, ada pertimbangan lain yang pihaknya buat, berkaitan dengan product competitive.

“Jadi fitur keselamatan motor bermesin kurang dari 150cc, dengan penggunaan di Jakarta, pakai CBS—Combi Brake System, sebetulnya sudah cukup. ABS itu kan lebih cocok untuk penggunaan jauh, jadi harus diperhatikan juga karakteristik pengguna seperti apa,” terang dia.

Sebagai tambahan, CBS sendiri merupakan sistem pengereman yang sudah banyak ditemukan di berbagai merek skuter matik. Fungsinya, untuk menghentikan putaran roda depan dan belakang hanya dengan menarik satu tuas rem.

Berita Terkait
hitlog-analytic