Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Tahun Baruan di Puncak? Ini Jalur Alternatif Kendaraan Agar Tak Kena Macet

Jalur Puncak Bogor ditutup saat tahun baru
Sumber :

100kpj – Kawasan Puncak Bogor menjadi salah satu destinasi liburan bagi warga Jabodetabek, khusus saat Tahun Baru. Dengan intensitas kendaraan yang tinggi menuju Puncak, membuat jalanan menjadi macet.

Malam tahun baru kali ini, diprediksi akan mengalami peningkatan volume kendaraan dari arah Jakarta ke arah Puncak ketimbang tahun sebelumnya. Oleh karena itu sebelum melakukan pergi ke tempat tersebut, penting untuk mengetahui jalan alternatif agar bisa sampai ke sana.

Dikutip dari berbagai sumber, Kamis 29 Desember 2022, ada beberapa jalur alternatif untuk ke puncak bagi pengendara sepeda motor dan mobil. Namun, bagi pemilik kendaraan roda empat bisa melewati jalur tol.

Jalur alternatif pertama adalah Tol Sentul Selatan-Babakan Madang-Pasir Angin. Jalur khusus tersebut memiliki panjang kurang lebih 20 kilometer. Agar bisa sampai ke puncak, pengemudi mobil memakan waktu perjalanan kurang lebih 40 menit.

Untuk kondisi jalan, jalur ini terbilang cukup bagus. Namun ada beberapa titik sendat di sejumlah pertigaan atau perempatan. Hal itu membuat pengendara wajib berhati-hati di jalan dan menaati peraturan lalu lintas agar sampai tujuan.

Sementara itu, bagi pengendara sepeda motor bisa mengambil jalur Katulampa-Simpang Gadog. Nanti dari Katulampa menyusuri tanggul Sungai Ciliwung sepanjang 100 meter.

Pengendara bisa ambil jalur kiri dari jembatan Bendungan Katulampa, kemudian ada jembatan selebar 1,5 meter di bawah kolong tol. Setelah itu, lurus masuk ke jalur utama Puncak atau Jalan Raya Bopuncur (Bogor-puncak-Cianjur).

Berita Terkait
hitlog-analytic