Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Benarkah Menyimpan Ponsel di Bagasi Bisa Sebabkan Ledakan?

Tempat penyimpanan baterai di motor Gesits

100kpj – Sepeda motor memiliki satu ruang khusus di bawah jok bernama bagasi. Fungsinya, untuk menyimpan barang yang dibawa pengendara.

Beragam jenis benda bisa dimuat di dalamnya, seperti helm, jaket, sarung tangan, maupun perkakas yang berkaitan dengan kendaraan. Namun, tak banyak yang berani meletakkan perangkat elektronik seperti ponsel di ruang penyimpanan tersebut.

Alasannya, takut terjadi konsleting yang memicu kebakaran, akibat bertemunya unsur eletrik dengan uap bahan bakar di sepeda motor.

Technical Service Division PT Astra Honda Motor atau AHM, Endro Sutarno mengatakan, bahwa anggapan tersebut merupakan suatu kekeliuran. Menaruh ponsel di bagasi, kata dia, tidak akan menimbulkan kebakaran. Terutama jika kondisi baterai terbilang masih baik.

“Bagasi motor itu paling panas suhunya 40 derajat celcius, aman untuk meletakkan smartphone," ujar Endro Sutarno kepada 100KPJ di kawasan Tangerang, beberapa waktu lalu.

“Kemudian di bagasi motor biasanya dilapisi karet, tujuannya supaya enggak ada arus pendek dan mencegah uap bensin yang masuk ke bagasi,” sambungnya.

Endro menyebut, satu-satunya yang membahayakan dari meletakkan ponsel di dalam bagasi, adalah kerusakan perangkat ponsel itu sendiri. Terutama, ketika motor melaju di jalanan berundak, dan ruang bagasi tidak dilapisi kain.

Berita Terkait
hitlog-analytic