Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Soal Subsidi Kendaraan Listrik, Luhut: Takkan Jauh dari Negara Lain

Luhut Binsar
Sumber :

100kpj – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan, kembali menyinggung soal subsidi kendaraan listrik. Luhut menjelaskan besar jumlahnya tidak akan jauh dari negara-negara lain.

Luhut mengatakan bahwa terkait subsidi atau insentif untuk kendaraan listrik, Thailand dan Vietnam menjadi tolok ukur (benchmark). Maka itu, dirinya ingin subsidi ini dilihat secara komprehensif. "Kita sedang hitung dan bicarakan. Kita membangun ekosistem.

"Jadi kita jangan sampai kalah, ini tidak boleh dilihat hanya satu sisi namun harus dilihat secara komprehensif," kata Luhut, dilansir dari Antara, Selasa 13 Desember 2022.

Karena itu subsidi bagi kendaraan listrik di Indonesia juga tidak boleh berbeda jauh dengan negara-negara lain. "Berapa banyak subsidi? Kita tidak boleh berbeda jauh dengan negara-negara lain, karena itu akan merugikan Indonesia," ujar Luhut.

Sebelumnya, Luhut sendiri menyatakan pemerintah berencana memberikan subsidi berupa potongan harga untuk pembelian motor listrik dengan besaran Rp6,5 juta. Sedangkan untuk subsidi mobil listrik masih dalam pembahasan.

Ilustrasi pengisian mobil listrik

"Subsidi sepeda motor sedang finalisasi berapa juta kita mau kasih subsidi, sepeda motor mungkin Rp6 juta. Di Thailand Rp7 juta, di kita mungkin Rp 6,5 juta, kira-kira berkisar segitu. Mobil berapa juta kita mau kasih," ujar Luhut dalam acara Welcoming Stronger Investment Post-Pandemic.

Berita Terkait
hitlog-analytic